SSL

Ingin membuat website Anda bisa lebih dipercaya oleh pengunjung ?

Segera Pasang SSL di Web Anda!

Apa itu SSL ?

SSL adalah protokol keamanan yang digunakan pada hampir semua transaksi aman pada internet. SSL mengubah suatu protokol transport seperti TCP menjadi sebuah saluran komunikasi aman yang cocok untuk transaksi yang sensitif seperti Paypal, Internet Banking, Toko Online (ecommerce) dan lain-lain. Keamanan dijamin dengan menggunakan kombinasi dari kiptografi kunci publik dan kriptografi kunci simetri bersamaan dengan sebuah infrastruktur sertifikat. Sebuah sertifikat adalah sebuah kumpulan data identifikasi dalam format yang telah distandardisasi. Data tersebut digunakan dalam proses verifikasi identitas dari sebuah entitas (contohnya sebuah web server) pada internet.

SSL menyediakan otentikasi (pada sisi client, dan opsional pada sisi server) terhadap pihak-pihak yang berkomunikasi. SSL dapat mengamankan koneksi antara dua titik, dan tidak ada pihak yang dapat melakukan hal-hal yang bersifat destruktif atau mengakses informasi yang bersifat sensitif. SSL menyediakan sebuah saluran komunikasi yang aman tanpa perlu adanya pertemuan kedua pihak yang berkomunikasi untuk melakukan proses pertukaran kunci.

Fungsi SSL pada komunikasi aman sama seperti fungsi TCP pada komunikasi normal, yaitu menyediakan sebuah infrastruktur komunikasi standar di mana sebuah aplikasi dapat menggunakannya dengan mudah dan hampir tidak dapat terlihat (invisible). SSL menyediakan sebuah komponen penting pada sistem yang aman. Mekanisme otentikasi dasar seperti password Telnet dan otentikasi HTTP dasar menjadi sangat kuat ketika dieksekusi dengan SSL dibandingkan dengan TCP, di mana pada SSL password tidak lagi dikirim dalam bentuk plainteks. SSL mengenkripsi koneksi, bukan data pada kedua pihak yang berkomunikasi, dan tidak mengandung mekanisme untuk otentikasi user ataupun perlindungan password (hanya koneksi yang diotentikasi, keamanannya akan gagal jika mesin pada kedua pihak yang berkomunikasi compromised).

Manfaat SSL untuk website Anda

Manfaatnya sangat banyak, antara lain :

  1. Meningkatkan kepercayaan pengunjung situs, terlebih jika situs Anda adalah toko online, membuat pengunjung aman melakukan segala macam transaksi.
  2. SSL bekerja mengamankan transaksi di dalam website melalui enkripsi kuat, menjadikan data kartu kredit dan password Anda aman.
  3. Menjadikan website SSL atau HTTPS Anda memperoleh ranking SEO yang lebih baik di dalam Google, dibandingkan website lain yang tidak diamankan oleh SSL.
  4. Mampu meningkatkan penjualan di dalam website, dikarenakan kepercayaan konsumen yang tinggi terhadap keamanan situs Anda.
    Manfaat SSL Pada SEO

 

Jenis-jenis SSL

SSL yang harganya mahal dan murah, keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu mengamankan transaksi di website Anda dengan teknologi enkripsi. Sama seperti naik pesawat, antara AirAsia, Garuda Indonesia atau Singapore Airlines maupun naik kelas ekonomi, bisnis, atau kelas satu, secara fungsi sama yaitu sebagai alat transportasi dan sama-sama mengantar Anda sampai ke tujuan. Bedanya adalah di reputasi maskapai tersebut dan fasilitas yang diberikan saat Anda terbang.

SSL yang lebih mahal memberikan manfaat ekstra sebagai berikut:

  • Reputasi brand yang lebih terpercaya. Symantec, GeoTrust dan Thawte lebih bergengsi dibandingkan RapidSSL.
  • Trust Seal yang ketika di-klik akan memunculkan alamat website Anda dan informasi tambahan.
  • Kompatibilitas yang lebih luas untuk browser desktop dan mobile.
  • Untuk EV SSL, akan menampilkan green bar dengan nama perusahaan Anda di address bar browser.
  • Symantec SSL memberikan fasilitas free daily malware scanning dan vulnerability assessment yang akan memberitahukan kalau website Anda terkena virus/malware atau ada celah keamanan, sehingga bisa diperbaiki dengan cepat.

Tips saya, jika budget anda terbatas dan anda bukan kalangan profesional, saran saya ambilah paket SSL termurah, yaitu PositiveSSL dari COMODO. Sedangkan SSL yang termahal cocok untuk perbankan, website e-commerce sekelas bukalapak, OLX, lazada, dll.

 

 

JENIS SSL >>>
Comodo PositiveSSL
SSL EV / Greenbar (comodo)
Jumlah Domain
Untuk 1 Domain atau 1 Subdomain
Untuk 1 Domain atau 1 Subdomain
Syarat
Tanpa Syarat
Scan SIUP Perusahaan yang masih berlaku
Setup
Gratis
Gratis
Harga
Rp. 200.000,-/tahun

Rp. 500.000,-/3 tahun
Rp. 3.000.000,-/tahun

Anda bisa membeli SSL di tempat kami dan menginstalnya di hosting Anda, tidak harus hosting di klikhost.com. Kami akan bantu instalkan, Anda terima beres.