Blogspot Custom Domain

Mempunyai blog dengan menggunakan blogger.com, atau yang lebih dikenal dengan blogspot.com, memang lebih menguntungkan. Dari segi biaya, tidak keluar biaya sedikitpun. Dari segi hosting, space dan bandwidth unlimited. Dengan demikian ga perlu kuatir lagi dengan lonjakan traffic yang meningkat.

Dari segi themes, blogspot bisa diupload themes dari luar. Ini salah satunya perbedaan antara blogspot.com dengan wordpress.com.

Dari segi SEO (Search Engine Optimization), blogspot ini milik google, jadi pasti lebih diprioritaskan untuk SEOnya.

Dari segi server, server google jauh lebih cepat dan stabil. Hampir tidak pernah DOWN.

Nah, satu lagi keuntungan dari blogspot, yaitu Anda dapat menggunakan domain apa saja (berakhiran .com, .net, .org, .us dst) dengan tetap menggunakan platform blogspot. Enak kan? hanya bermodal domain saja!!! Anda tinggal membeli domain (saya sarankan berakhiran .com), lalu dilakukan setting DNS ke google. Setelah itu melakukan penyetingan di blogspot. Lalu tunggu beberapa saat sampai terjadi update DNS (biasanya langsung terhubung antara domain baru dan server blogspot). Dan setelah itu blog blogspot Anda sudah memiliki nama domain baru yang lebih singkat dan tentu lebih menarik. Inilah yang dinamakan BLOGSPOT CUSTOM DOMAIN.

Jadi apa yang dimaksud dengan blogspot custom domain ?

Custom domain adalah salah satu fasilitas dari Blogger.com yang memungkinkan kita mengubah alamat blog kita di subdomain blogspot.com dengan domain yang kita miliki sendiri. Misal : http://ikutikutan.blogspot.com yang dicustom domain (diubah nama domainnya) menjadi www.ikutikutan.com.

Semua traffic yang menuju alamat blog lama akan diarahkan ke alamat domain baru. Seperti contohnya http://ikutikutan.blogspot.com akan otomatis diarahkan / diforward ke http://www.ikutikutan.com. Sehingga Anda tidak akan kehilangan traffic dari pengunjung lama Anda.

Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat custom domain blogspot?

Modalnya hanya perlu sebuah domain. Seperti yang saya jelaskan di atas, saya sarankan untuk membeli domain berakhiran .com karena selain lebih bagus di search engine, orang juga lebih gampang mengingat domain berakhir .com dibanding .net maupun .org.

Anda bisa membeli domain tersebut di tempat kami hanya Rp. 190.000 untuk 1 tahun pertama. Tahun berikutnya hanya Rp. 140.000,-/tahun. Biaya tersebut sudah termasuk biaya setting DNS.

 

Tanya Jawab :

T : Apakah control panel blog saya tetap di blogger.com ?

J : Ya benar. Anda bisa login ke control panel blogspot Anda tetap seperti sebelumnya

T :  Apakah saya akan kehilangan pengunjung yang sudah hafal dengan alamat blog saya yang lama?

J : Tidak. Jangan kuatir. Jika ada pengunjung yang mengakses alamat blog Anda yang lama (misal : namaanda.blogspot.com) maka akan otomatis diarahkan ke alamat baru Anda (misal : namaanda.com).

T : Apakah rangking alexa dan pagerank google saya akan turun setelah menggunakan costum domain?

J : Ya. Tapi jangan kuatir. Pelan-pelan alexa akan mengindex blog Anda. Tipsnya yaitu sering-sering update blog Anda dan carilah backlink dari blog yang berpagerank tinggi. Misal dengan meninggalkan komentar.

T : Artikel saya sudah banyak yang terindeks oleh google. Seperti misal salah satunya http://namadomain.blogspot.com/cara-membuat-blog. Apakah setelah menggunakan custom domain, jika ada pengunjung yang mengklik link tersebut, link tersebut jadi tidak bisa diakses?

J : Tidak. Jika pengunjung mengakses alamat tersebut, maka akan otomatis diarahkan oleh system ke http://namadomain.com/cara-membuat-blog. Jangan kuatir. Link Anda di google search akan tetap diarahkan ke domain yang baru. Dan lagi.. pelan-pelan alamat link yang lama akan digantikan dengan alamat yang baru oleh google.

ORDER SEKARANG!

133 Replies to “Blogspot Custom Domain”

  1. Bener dah.. 2 pekan pertama setelah customs domain kunjungan terjun bebaaaasss… cuma sepertiga dari biasanya… nyesek juga sih gan.. ahaha… kira2 berapa lama lagi ya ? grafiknya menghawatirkan ini.. turun terus..

  2. Saya baru pertama kali beli domain, saya tidak tahu harus berbuat apa, tapi setelah beli di klik host, sekarang baru tau, begitu mudah, yang penting kepercayaan, terima kasih klik houst

  3. bos, saya sudah transfer via BcA SMS Banking sejak tadi pagi, tapi tidak ada konfirmasi, malah di invoice nya tertera “BELUM LUNAS” ym cs ga aktif, tlp juga ga diangkat2. mohon tindak lanjutnya bos..

  4. bos, saya sudah transfer via BRI SMS Banking sejak tadi pagi, tapi tidak ada konfirmasi, malah di invoice nya tertera “BELUM LUNAS”. mohon tindak lanjutnya

  5. saya ingin tanya, pada blog saya masih menggunkan tamplate gratisan yang biasa didownload, nah di tamplate itu kan masih tertera credit name yang buat tamplate, jika saya beli domain di klik host apakah saya boleh mengganti credit name sblm nya ?,

  6. Kalo sudah membeli domain .com kemudian merasa tidak cocok dan ingin di ubah bisakah di ganti dengan nama domain lain tetapi tetap di blog yang sama? terimakasih

  7. ini berarti blog yg udah ada tinggal dierahkan untuk disetting ya? ato blog nya juga dibikinin dulu?

  8. Mas, kalau beli domain di blogspot itu sudah sama hostingnya nggak?
    Mohon pencerahannya

  9. Mas … awalnya saya sudah punya domain1.com + sewa hosting, saya pake WP. terus saya tambah lagi domain2.xyz. domain1 + hosting hampir habis, dan rencana tidak perpanjang lagi. Bisa tidak untk domain.xyz ini pindah hosting ke blogspot? Berapa biaya nya?

  10. gan. mau tanyak. kalo seandainya sudah ganti custom domain di blogger ini. bagaimana dengan trafiknya apakah anjlok atau tetap stabil?

    mohon bantunannya gan. soalnya kepengen ubah domain ke .com.

  11. Misalnya blog lama saya klikrumahsaya.blogspot.com dan saya akan ganti rumahsaya.com atau rumah.com apakah nanti pengunjung yg mengakses klikrumahsaya.blogspot.com akan otomatis menuju ke rumahsaya.com/rumah.com juga?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *