Halo klikfrenz, apakah Anda pernah mendapatkan pesan untuk memasukkan CAPTCHA dan memilih opsi “I am not a robot”? Jangan panik, karena ini berarti website Anda diproteksi oleh fitur security canggih dari Imunify360.

 

Apa itu Imunify360?

Imunify360 adalah produk terbaru CloudLinux yang menyediakan “next generation, automated security solution, powered by AI (Artificial Intelligence)” untuk melindungi semua server Linux yang ada di Klikhost.com dari berbagai serangan cyber terbaru.

Kalau diibaratkan, Imunify360 ini sebagai satpam di rumah Anda. Ketika ada pengunjung yang ingin mengunjungi rumah Anda, lalu satpam inilah yang akan mengawasi apa saja yang pengunjung lakukan dalam rumah Anda. Ketika pengunjung ini melakukan hal yang tidak wajar atau mencurigakan, satpam akan langsung menahan pengunjung dengan meminta verifikasi berupa Captcha untuk memastikan bahwa pengunjung ini bukan sebuah bot yang berniat jahat.

Imunify360 ini bekerja dari segala sisi server cpanel/WHM , salah satunya adalah berjalan dengan Mod Security yang biasanya sudah menjadi bawaan WHM/Cpanel, tinggal oleh root nya diaktifkan atau tidak.

Secara kasat mata memang penggunaan imunify360 ini tidak terlalu terlihat. Bila anda mengakses admin dashboard website anda atau mengunjungi web Anda, akan muncul pop up sehingga anda harus verifikasi seperti capctha. Namun hal itu umumnya terjadi bila pengaturannya dibuat ketat.

Imunify360 ini tidak akan bentrok dengan Mod_security dan CSF ( Config Server Firewall ). Justru Imunify360 akan melengkapi fitur tersebut. Bahkan malware dan spamming serta attacking dengan rate tinggi akan langsung terdeteksi dan akan mengirim notifikasi ke pemilik server, sehingga kemungkinan hacking dapat segera diantisipasi.

 

Fitur-fitur imunify360

IDS/IPS

Firewall

Capctha

KernelCare

Malware Scanning

Reputation Manager

Sanboxing ( Coming soon )

Imunify360 ini biayanya sekitar 35 USD, alias hampir sama dengan harga lisensi cpanel. Klikhost.com dalam hal ini telah menerapkan Imunify360 ke semua server premium.

 

Apakah Imunify360 bisa dinonaktifkan di cPanel user?

Sangat bisa! Tenang saja! Hal ini hanya jika Anda cukup terganggu dengan adanya verifikasi captcha. Namun kami tidak menyarankan kecuali anda benar-benar memerlukannya.

Bila anda terganggu dengan mod_security yang sering memblock anda sendiri, anda bisa disable mod_security dari cpanel anda. Ini hanya akan menonaktifkan imunify360 yang bekerja pada mod_sec saja, sedang security lainnya tetap jalan di server. Kalo anda tidak ada kebutuhan khusus, maka sebaiknya Anda harus tetap enable mod_security untuk keamanan website anda sendiri.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Login ke cPanel, lalu cari menu “ModSecurity”

2. Lalu Anda tinggal tekan tombol OFF pada domain yang ingin Anda nonaktifkan modsecuritynya.

 

Sharing is caring!

Please rate this

author

Menjadi CTO klikhost sejak 2010

Leave a reply "Cara Menonaktifkan Imunify360 di cPanel Hosting"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*