Ada salah satu user yang kaget karena beberapa hari ini kebutuhan bandwidth hostingnya meningkat. Setelah saya cek di AWstats, ternyata disebabkan oleh gambar-gambar JPG.

Setelah saya tanyakan ternyata gambar di webnya ukuran 1-2 Mega. Dan itu ukuran masing-masing gambar. Bayangkan kalau ada lebih dari satu gambar dengan ukuran file seperti itu, diimbangi dengan traffic yang meningkat, maka dipastikan bandwidthnya jadi gampang habis.

Bisa juga bukan karena traffic yang  meningkat, tapi karena gambar tersebut juga di “pakai” oleh web lain tanpa ijin. Maka bandwidthnya pun juga jadi lebih besar kebutuhannya. Hal ini bisa terjadi karena gambar tersebut tidak Anda proteksi dari hotlink (pencurian bandwidth).

Nah, agar Anda tidak cepat kehabisan bandwidth gara-gara file gambar yang di hosting sendiri, maka sebaiknya gambar-gambar tersebut Anda taruh di image hosting seperti picasaweb.com, tinypic.com, imageshack.us dll. (Asal jangan di facebook aja ya, karena URLnya bisa diganti ama adminnya sewaktu update engine :p  )

Selamat mencoba!

author

Menjadi CTO klikhost sejak 2010

  1. author

    Jefry Dewangga2 years ago

    Kalau mengaktifkan hotlink protection, pada saat ngeshare di media sosial gambar tersebut ndak akan bisa termuat, jadi ndak ada thumbnailnya. ^_^

    [Reply]

  2. author

    Agung irmansyah2 years ago

    Nanti nya gamuncul gambar nya kalo dishare di FB,Twitter dsb

    [Reply]

Leave a reply "Cara Menghemat Bandwidth Hosting"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*