Email Marketing is Dead ?

By Purba KuncaraNo Comments

Beberapa orang berkata bahwa saat ini adalah eranya Social Media Marketing. Setiap orang bisa saja membuat fanspage untuk menjual baju, meningkatkan like tertarget dengan fb ads, dan boommm…. Omset meroket!!!

Berkembangnya social media, terutama facebook dan twitter, tak bisa dipungkiri juga merubah kebiasaan orang online. Social Media bisa digunakan sebagai alat marketing yang viral dan masif mengingat setiap user bisa melakukan share kapan saja. Sangat praktis dan ekonomis.
Lalu bagaimana dengan email marketing, apakah sudah mati ?

Sebuah survey yang dipimpin oleh Yakub Kramer-Duffiel, seorang konsultan sosial media di Broklyn, NY menyatakan bahwa data pengguna email masih menunjukan angka yang positif. Email tetap terikat dengan pencarian sebagai aktivitas online yang paling populer dengan lebih dari 90 persen pengguna internet menggunakan email.

Jadi, tidak ada salahnya jika tetap memanfaatkan email sebagai media marketing mengingat setiap orang yang online hampir sebagian besar punya alamat email. Email marketing juga dianggap cara terbaik untuk mendekati pelanggan karena lebih bersifat personal, transaksional, serta implisit bagi bisnis.

Lalu bagaimana cara melakukan pengiriman email secara masif dan efektif?

Jika Anda mengirim email secara manual, maka jelas akan memboroskan waktu Anda. Solusi terbaik adalah dengan menggunakan autoresponder.

Autoresponder adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan alamat email pengunjung melalui web Anda, mengirimkan newsletter secara otomatis, dan mengirimkan informasi via email secara massal dan realtime.

Di dunia internet marketing internasional, dikenal beberapa layanan autoresponder seperti : aweber, getresponse, mailchimp, icontact. Sedang di lokal salah satunya dikenal dengan : viosender.com.

 

Bagaimana jika menginstal script autoresponder di hosting ? Lebih murah kan ?

Bisa saja Anda menginstal script autoresponder di hosting VPS (virtual private server) Anda sendiri. Pengiriman email melalui VPS tidak dibatasi, sehingga Anda bisa lebih leluasa.

Tetapi jika Anda mengirim email melalui shared hosting, maka akan ada batasannya. Umumnya shared hosting dibatasi maksimal 1000 pengiriman email per jam nya. Jadi ga leluasa kan ? Bisa jadi malah akun hosting Anda disuspend oleh pihak hosternya.

 

Jadi, sampai saat ini email marketing masih menjadi salah satu cara yang efektif dan efisien. Tinggal bagaimana kita mengelolanya.

Telah dibaca :15702
Blog

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KLIKHOST (c) 2010 - 2013
%d bloggers like this:




Best view on mozilla firefox