Anda mungkin sedang mencari informasi merek MicroSD yang bagus untuk handphone Android Anda ? Silahkan simak pembahasannya di bawah ini….

SD Card (Secure Digital) pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 sebagai pengembangan dari MMC dan dibuat secara massal sehingga harganya lebih murah. Varian SD Card cukup banyak dan kita perlu memahami agar sesuai dengan kebutuhan kita. Merekam Video dengan SDcard speed lambat bisa membuat hasil patah-patah atau bisa Corrupt. Foto dengan Mode continues tidak bisa dilakukan dengan menggunakan Speed yang lambat. Tetapi jika hanya mengambil foto dengan resolusi rendah, kita tidak perlu membeli Speed Memori yang cepat yang harganya cukup mahal.

Berdasarkan kapasitas penyimpanan, memori SD dibagi menjadi SDHC (Secure Digital High Capacity) antara 4GB-32GB dan SDXC (Secure Digital Extended Capacity) mulai dari 48GB-2TB.
Baik SDHC maupun SDXC dibuat dengan kecepatan yang berbeda-beda untuk penggunaan yang berbeda pula yang ditandai dengan Class.

Class2, class4, class6 dan class10 menunjukkan kecepatan penyimpanan data.

Class Minimum Kecepatan Application
Class 2 2 MB/s Foto Kamera Compact. SD video recording
Class 4 4 MB/s Foto kamera Compact, DSLR, Video HD recording
Class 6 6 MB/s
Class 10 10 MB/s Full HD (1080p) video recording and consecutive recording of HD stills (high-speed data bus)
UHS Class 1 (U1) 10 MB/s Real-time broadcasts and large HD video files (UHS bus)
UHS Class 3 (U3) 30 MB/s 4K video files (UHS bus)

Class 2 dan Class 4 cocok untuk Kamera-kamera compact atau Video dengan kualitas rendah. Class 6 cocok untuk DSLR. Class10 untuk penggunaan Video Professional. Class U1 dan U2 cocok untuk Rekam Video yang butuh Data Rate tinggi, seperti untuk merekam Blueray atau 4K seperti pada kamera Professional atau Actioncam GoPro.

Contoh : Untuk menyimpan video  GoPro Hero3 Mode Protune (RAW) dibutuhkan 45MBps, sedangkan untuk SONY HX9V mode 1080 60P dibutuhkan kecepatan memori 28mbps. Artinya kita harus menggunakan memori dengan kecepatan diatas nya.  Tapi untuk mengambil gambar format JPG 16Megapixel transfer Rate Paling 4-8Mbps, Memori Class 4 sudah cukup.

Sering juga orang bertanya memori 8GB bisa nampung berapa banyak foto ya? Memori 32GB bisa merekam berapa lama untuk Video Full HD ya? Jawabannya Tergantung berapa besar resolusi yang digunakan, file type yang digunakan apakah JPG atau RAW, mode videonya apakah Full HD atau HD biasa atau 4K dan file formatnya apa.

Berikut gambaran berapa banyak foto yang bisa ditampung atau berapa lama Video bisa di rekam dengan memori card berbagai ukuran.

Kapasitas Tampung dengan Format JPG High Quality

Cara bacanya: Jika memori card nya 4GB dan menggunakan resolusi 18 Megapixels dengan kualitas High maka gambar yang bisa disimpan sebanyak 310 gambar.

(Kapasitas Tampung untuk foto Format RAW 12 bit)

 

(Kapasitas tampung untuk Video MPEG-4/H.264)

Untuk merek microSD sendiri yang saya pakai adalah merek SandDisk. Selama ini belum pernah ada masalah, dan semoga saja tidak ada masalah.

Kalau Anda pilih merek apa ? silahkan berikan komentar Anda..

Sharing is caring!

author

Menjadi CTO klikhost sejak 2010

Leave a reply "Tips Memilih MicroSD Terbaik Yang Bagus Untuk Android"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.