Sama halnya dengan memilih lokasi server hosting untuk web Anda, demikian pula cara memilih lokasi server shoutcast streaming.

Jika pendengar Anda lebih banyak dari lokal indonesia, maka sebaiknya Anda memilih lokasi server di Jakarta (OpenIXP  / IIX). Tetapi jika pendengar Anda lebih banyak dari luar negeri, maka sebaiknya mengambil server shoutcast di USA (Amerika).

Server shoutcast lokal memiliki bandwidth lokal yang besar, sedang bandwidth internasionalnya sempit. Itulah yang menyebabkan dia bisa diakses sangat cepat tanpa putus-putus dari Indonesia, tetapi ketika diakses dari luar indonesia akan sering putus-putus atau bahkan tidak bisa diakses sama sekali.

Ada salah satu klien menngatakan : “Pak, dulu waktu pakai server dengan koneksi sendiri, pendengar saya di luar indonesia bisa mendengarkan. Tetapi setelah menggunakan server relay di Jakarta ini, mereka yang di Jepang tidak bisa mendengarkan lagi.”

Jika memang pendengar Anda ada yang dari dalam negeri dan ada juga yang dari luar negeri, sebaiknya Anda mengambil 2 lokasi server.

Bagaimana caranya ?

Anda tinggal membeli paket server shoutcast IIX dan paket server shoutcast USA. Masalah penyetingan nantinya akan dibantu oleh teknisi kami.

Dengan demikian, radio streaming Anda akan bisa mantaf didengarkan dari mana saja. Pendengar tinggal memilih port yang diinginkan.

Kalau untuk blackberry bagaimana?

Saat ini server RIM masih ada di canada. Oleh karena itu untuk hasil streaming blackberry yang maksimal, maka sebaiknya Anda menggunakan server USA.

Sharing is caring!

author

Menjadi CTO klikhost sejak 2010

  1. author

    rifqi6 years ago

    gan knpa harus pke server paket server shoutcast IIX dan paket server shoutcast USA.

    [Reply]

    admin Reply:

    @rifqi, Yg IIX untuk target pendengar mayoritas dr Indonesia saja. Kalo yg USA bs dari semua negara.

    [Reply]

Leave a reply "Tips Memilih Lokasi Server Shoutcast Streaming"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*