Ping server yang sering RTO akan menyebabkan loading web akan lambat. Terlebih hal ini akan berdampak sangat besar jika terjadi pada server streaming, karena suara akan loncat-loncat atau bahkan terputus-putus.

Cara memeriksa ping adalah dengan membuka cmd.exe atau command prompt, lalu ketikkan : ping -t ipaddress. Misalnya : ping -t klikhost.com

 

http://i.imgur.com/Lsm8Y15.png

Jika didapat hasil seperti di atas (Request Timed Out / RTO), maka ada 2 kemungkinan : koneksi yang kita gunakan sedang drop, atau memang server yang network internetnya sedang drop.

Untuk menganalisanya, kita bisa coba ping ke domain lain, misalnya : ping -t detik.com. Jika di ping ke detik.com ternyata hasilnya bagus, berarti tidak ada masalah dengan koneksi kita, hanya server yang kita ping tadi yang bermasalah.

Umumnya jika ping server sering RTO seperti itu penyebabnya adalah :

1. Network server kena DDOS / Flooding

2. Switch server kepenuhan (full)

Solusi untuk masalah pertama, berarti harus dimitigasi penyebab DDOSnya. Sedang untuk masalah yang kedua, minta switchnya untuk dipindahkan ke switch yang masih longgar trafficnya. Permasalahan ini harus dikoordinasikan dengan pihak datacenter. Dalam hal ini jika Anda hanya sebagai user, maka hubungi pihak provider Anda.

Semoga bermanfaat!

Sharing is caring!

author

Menjadi CTO klikhost sejak 2010

  1. Pingback: Supaya Streaming Anda tidak Putus-Putus ataupun Loncat-loncat (Jumping) | KlikHost.com

Leave a reply "Ping Server Sering RTO ? Ini salah satu penyebabnya"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*