Jika ada 1 user di sebuah shared hosting kena hack, kenapa user lainnya juga kena? Itu yang dinamakan dengan jumping. Cara yang biasa digunakan adalah dengan menggunakan shell. Hack salah satu user, tanam shell, lalu masukin file hacking ke user – user cPanel lainnya di dalam satu server tersebut.

Untuk mengurangi hal itu, bisa dengan menonaktifkan symlinks maupun dengan fitur security dari Cloudlinux, yaitu CageFS.

 

Apa itu CageFS ?

Dari kata “cage” sendiri artinya adalah sangkar yang fungsinya untuk melindungi struktur cpanel masing-masing user.

CageFS adalah sistem file virtual yang membungkus masing-masing user shared hosting dalam tempat virtual privatnya. Setiap pelanggan akan memiliki CageFS sendiri yang berfungsi penuh, dengan semua file sistem, peralatan, dll.

CageFS adalah fitur gratis bawaan dari cloudlinux, sehingga jika Anda mau instal cageFS, maka harus instal terlebih dahulu CloudLinux sebagai OS di VPS maupun dedicated Anda.

http://www.cloudlinux.com/upload/blog/cc5/eat-sleep-cagefs.png

Manfaat CageFS

1.Mencegah Hacker

CageFS akan mencegah hacker untuk menscan server terhadap file-file yang rentan untuk disusupi serta mendapatkan akses root

2. Virtual Private Area

CageFS memastikan bahwa pengguna tidak dapat melihat pengguna lain dan tidak memiliki cara untuk mendeteksi keberadaan pengguna lain di server.

3. Isolasi terhadap file Konfigurasi Server

CageFS juga mencegah pengguna untuk dapat melihat file konfigurasi server, seperti file konfigurasi Apache.

 

 

Sharing is caring!

author

Menjadi CTO klikhost sejak 2010

Leave a reply "Mencegah Jumping Dengan CageFS pada CloudLinux"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*