Anda yang menggunakan leptop untuk radio streaming, terkadang terkendala dengan jumlah colokan soundcard, dimana umumnya leptop sekarang ini hanya menyediakan konektor COMBO, alias antara microphone dan speaker jadi satu. Padahal seperti windows 7 hanya mengijinkan untuk memilih salah satu saja ketika ada konektor yang dicolokkan, yaitu apakah memilih headphone atau microphone.

Lalu solusinya bagaimana agar musik bisa diputar dari leptop, lalu dihubungkan ke input mixer, kemudian dari output mixer dimasukkan ke LINE IN atau MICROPHONE leptop ???

Yaitu dengan membeli SOUNDCARD External. Contohnya adalah Soundcard Behringer UCA 222 USB Interface yang bisa Anda beli di TOKORF.COM.

Setelah Anda membeli lalu memasang ke USB leptop, Anda tinggal mengikuti cara setting seperti di bawah ini :

1. Klik kanan pada icon “Speaker” di sebelah kanan bawah layar leptop Anda. Lalu pilih “Recording devices”

 

2. Sekarang Anda bisa melihat daftar input soundcard Anda. Pada contoh ini saya menggunakan soundcard USB merek cina, dan muncul di situ ada beberapa inputnya, antara lain : Microhpone dan Line. Jika Anda ingin memilih Line, silahkan klik kanan, lalu pilih “Set as Default Device”. Kemudian klik kanan lagi pada “Line”, lalu pilih “Set as Default Communication Device”.

 

3. Sudah selesai. Sekarang Anda tinggal setting pada Shoutcast DSP bagian INPUT, lalu pilih inputnya adalah dari SOUNDCARD.

Jika ada kesulitan dalam menggunakan server streaming di klikhost.com, silahkan hubungi kami via whatsapp 085755987055. Kami akan selalu senang membantu Anda 🙂

Sharing is caring!

author

Menjadi CTO klikhost sejak 2010

Leave a reply "Cara Setting Soundcard USB Sebagai Input Radio Streaming"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*