Komputer windows 10 yang saya gunakan untuk server tiba-tiba tidak bisa diakses. Setelah dicek ternyata sedang update windows. Waduh, repot kalau gini ya…. Apalagi Anda yang menggunakan windows 10 untuk siaran, kalau tiba-tiba update gini kan juga repot.

Sama seperti para pendahulunya, Windows 10 yang merupakan versi terbaru dari sistem operasi buatan Microsoft ini menyediakan opsi Windows Update untuk pembaruan sistem operasi yang lebih mudah. Bedanya, cara untuk mematikan auto update tidak semudah di versi Windows sebelumnya.

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Secara Paksa

  1. Buka Control Panel mode klasik melalui menu Start, lalu ketik ‘Control Panel’ di kolom search
  2. Pilih System and Security yang ada di urutan paling atas
  3. Scroll ke bawah dan pilih Administrative Tools
  4. Klik Services
  5. Pilih Windows Update dari beberapa list yang muncul
  6. Di window baru yang muncul, ubah opsi Startup type menjadi Disabled. Klik tombol OK atau Apply, lalu restart Windows!

Salah satu keuntungan jika mematikan windows update adalah menghemat data, khususnya bagi pengguna dengan koneksi terbatas. Bayangkan jika Anda baru saja membeli paket data dan kuota habis secara tiba-tiba karena Windows mendownload file berukuran besar untuk melakukan update. Namun, jika mempunyai koneksi unlimited dengan kecepatan dewa, alangkah baiknya jika windows update tetap di aktifkan untuk perbaikan bug dan pembaruan sistem keamanan versi terbaru.

Sharing is caring!

author

Menjadi CTO klikhost sejak 2010

Leave a reply "Cara Menonaktifkan Update Windows 10 Secara Paksa"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*