Mungkin Anda ingin membuat forum yang berada di subdomain. Dan Anda tidak ingin forum ini memberatkan atau saling terkait dengan hosting domain utama? Solusinya adalah dengan menghosting subdomain forum tersebut di hosting lain.

Atau mungkin Anda ingin membuat subdomain tetapi kapasitas hosting Anda sudah penuh. Maka solusinya yaitu dengan menghosting subdomain tersebut di hosting lain.

Ada juga alasannya karena Anda ingin mengarahkan pengunjung dari Indonesia untuk mengakses hosting Anda yang di Indonesia, misalnya : id.namadomain.tld. Sedang domain utama di hosting di USA. Anda juga dapat menggunakan tutorial ini untuk hal tersebut.

Berikut langkah-langkahnya. Di sini saya menyebut hosting lama sebagai hosting domain utama, sedang hosting baru sebagai tempat untuk hosting subdomain Anda :

1. Buatlah domain/addon domain di hosting yang baru dengan nama : subdomain.namadomainutama.tld

2. Buka cPanel hosting lama, lalu klik “Simple DNZ Zone Editor”. Tambahkan A record dengan nama “subdomain.namadomainutama.tld” dan isikan IP address hosting baru Anda.

Lalu tambahkan pula A record dengan nama “www.subdomain.namadomainutama.tld” dan isikan IP address hosting baru Anda.

Setelah itu cobalah untuk mengakses subdomain.namadomainutama.tld. Biasanya baru bisa diakses setelah 1 -3 hari (update DNS). Dan jika sudah bisa, silahkan buka control panelnya di subdomain.namadomainutama.tld/cpanel.

 

TIPS :

Selain menggunakan A record, lebih baik menggunakan CNAME Record. Kenapa? karena jika hosting baru Anda terjadi perubahan IP Address, maka Anda tidak perlu melakukan setting ulang DNS. Bagaimana tahu CNAME Recordnya? Jika di hosting baru Anda juga menghosting domain lain, misalnya domainlain.tld, maka CNAMEnya bisa menggunakan domainlain.tld tersebut.

Selamat mencoba!

Sharing is caring!

author

Menjadi CTO klikhost sejak 2010

  1. author

    wallpapers4 years ago

    brarti walaupun saya pnya blog contoh.com .. uda saya hostingkan pake blogger .. nah saya mau buat blog berbasis wordpress misal abc.contoh.com gt bisa ya ?? syaratnya harus ada hosting nya walo gratis an gpp .. begitu kah admin ???

    [Reply]

    admin Reply:

    Betul sekali (y)

    [Reply]

  2. author

    Zuhdi ABE1 year ago

    apa ada tutorial untuk mengarahkan subdomain ke blogger?

    [Reply]

Leave a reply "Cara menghosting subdomain di hosting yang berbeda"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*