Jika Anda ingin website Anda lebih terpercaya dan memiliki ranking yang lebih baik di mata GOOGLE, maka Anda wajib memasang SSL.

Apa itu SSL ?

SSL merupakan salah satu protokol yang banyak digunakan dan berfungsi sebagai pengaman website. SSL akan membuat jalur yang terkenripsi antara web browser dan server. Sehingga, proses pertukaran data antara user dan server tidak dapat diketahui oleh pihak yang tidak berkepentingan. Begitu juga dengan di di Joomla. Di Joomla, anda dapat melakukan setting SSL dengan mudah. Dengan melakukan setting SSL di Joomla, maka anda akan terhindar dari serangan para orang yang tidak bertanggung jawab.

Setelah Anda instal sertifikat SSL untuk domain web joomla Anda, maka Anda perlu mensetting di joomla agar mengarahkan semua traffic ke https.

Berikut ini langkah-langkahnya :

1. Login ke halaman administrator Joomla

2. Pada menu “System”, silahkan klikĀ Global Configuration

Maka anda akan diarahkan ke halaman configuration. Di sini anda dapat melakukan beberapa konfigurasi mengenai website, sistem, server, permission dan sebagainya. Untuk melakukan setting SSL di Joomla, maka pilih tab Server. Silahkan lihat pada bagian Server Settings khususnya bagian Force SSL. Secara default, yang diaktifkan adalah None. Namun, apabila anda ingin memberikan SSL di website Joomla maka terdapat dua pilihan yang dapat dipilih. Yaitu, pertama Adminstrator Only artinya SSL diaktifkan pada halaman administrator saja. Kedua, yaitu Entire Site. Entire Site ini berarti SSL akan diaktifkan ke semua halaman website Joomla.

 

Pilihlah Entire Site

Lalu tekan tombol Save & Close.

Selamat mencoba, semoga berhasil!

Sharing is caring!

author

Menjadi CTO klikhost sejak 2010

Leave a reply "Cara Memasang SSL Pada Web Joomla"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.