Perbedaan IIX dan OpenIXP

By Purba KuncaraNo Comments

Banyak penjual jasa hosting di Indonesia yang menggunakan kalimat “Hosting IIX Unlimited”, tapi jarang yang menggunakan kalimat “Hosting OpenIXP Unlimited”. Mungkin IIX lebih familier dibanding OpenIXP.

Nah, sebenarnya apa sih perbedaannya ?

IIX adalah singkatan dari  Indonesia Internet eXchange. Sedang OpenIXP adalah singkatan dari Open Internet eXchange Point.

IIX atau OpenIXP terdiri dari beberapa ISPs (Internet Service Provider) di seluruh Indonesia. Mereka saling “exchange” atau bertukar traffic antar satu dengan yang lainnya. Mereka tidak membayar satu sama lainnya ketika bertukar ini, jadi bisa dikatakan bahwa itu adalah “free” atau “unlimited” traffic. Misal, pengunjung menggunakan ISP X membuka web di ISP Y, maka mereka tidak membayar apapun dalam proses akses data tersebut.

IIX dijalankan oleh organisasi bernama APJII. Sedangkan OpenIXP dijalankan oleh perusahaan datacenter yang bernama IDC (Indonesia Data Center).

Di berbagai kota di Indonesia juga ada exchange seperti itu. Misalnya di Surabaya ada yang namanya ODIX yang dijalankan oleh Omadata DataCenter dengan singkatannya OmaData Internet eXchange.

Beberapa ISP yang sudah kita kenal luas seperti speedy, mereka menggunakan OpenIXP dan IIX. Sehingga ketika mengakses situs yang hanya menggunakan jaringan IIX saja, maka tetap bisa dibuka dengan lancar.

Nah, yang jadi masalah adalah ketika ada beberapa ISP lokal tertentu yang hanya menggunakan OpenIXP. Ketika mereka mengakses situs yang ada di IIX, maka biasanya tidak lancar. Kalau diping akan muncul RTO.

 

Telah dibaca :64240
Blog

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KLIKHOST (c) 2010 - 2013
%d bloggers like this:




Best view on mozilla firefox