Bagi Anda yang berkecimpung di dunia radio broadcasting, tentu familiar dengan software RadioBOSS. Dalam software ini sudah ada fitur untuk pencarian yang sangat cepat. Hanya saja, karena tampilannya yang agak mini, beberapa orang agaknya kurang menyukai, sehingga mereka mencari lagu dengan menggunakan fitur SEARCH di windows explorer. Namun yang menjadi kelemahan alat pencarian bawaan Windows ini adalah proses file indexing dan pencarian file yang cukup lama, sehingga kalau kita menggunakan harddisk biasa, maka akan terasa kurang cepat saat mencari file, apalagi jika harddisk tersebut sudah hampir penuh.

Syukurnya ada beberapa software alternatif yang bisa digunakan, antara lain : Google Desktop, Listary dan Everything. Beberapa software yang disebutkan terbukti bisa melakukan pencarian file dengan lebih cepat dan akurat. Masing-masing software ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Misal, software gratis Google Desktop ini merupakan software pencarian file lokal berbasis web yang menyediakan beragam fitur menarik dengan akses yang tentu juga cepat. Pertama kali menginstal software ini, proses indexing yang dilakukan cukup lama dan memakan sumber daya komputer yang lumayan berat. Namun jika proses indexing sudah complete, tetap ringan dijalankan.

Selain Google Desktop, masih ada satu alternatif software pencarian lain yang bisa Anda coba. Software ini adalah Listary. Secara tampilan atau visual style, program ini memang tampil lebih menarik dari Everything, namun karena fungsi dan kinerjanya sama saja, kami lebih merekomendasikan Everything. Lagipula untuk pencarian file rasanya kinerja, kecepatan dan kesederhanaan lebih utama di atas segalanya. Listary sendiri memiliki dua versi yaitu gratis dan pro. Yang gratis tentunya kita harus puas dengan keterbatasan fiturnya, sementara yang pro kita harus rela merogoh kocek cukup dalam untuk utility yang sebenarnya masih ada alternatif yang sama baiknya, yang satu diantaranya adalah Everything yang akan menjadi pokok pembahasan ini.

:: Everything, Software Pencarian File di Windows ::

Software ringan ini mampu memberikan pengalaman baru pencarian file Windows yang lebih cepat, minim sumber daya, dan tentunya hasil pencarian yang akurat.

Berbeda dengan dua software yang telah disebutkan, Everything bisa dibilang lebih cepat, dan bahkan karena saking cepatnya proses file index yang dimilikinya, software ini mampu menampilkan hasil pencarian secara instan, yang bahkan ketika file atau folder yang dicari masih diketik. Selain itu, pencarian dapat disesuaikan karena aplikasi ini memiliki opsi pencarian yang cukup lengkap.

:: Keunggulan yang Dimiliki Everything ::

Beberapa keunggulan yang ditawarkan software Everything adalah:

  • Ukuran file instalasi yang sangat kecil, hanya 1.37 MB saja
  • User Interface yang sederhana dan user friendly
  • File Indexing yang sangat cepat
  • Hasil pencarian instan, langsung muncul ketika query diketik
  • Startup Cepat
  • Penggunaan sumber daya CPU yang sangat rendah
  • Ukuran database kecil namun lengkap
  • Update program yang cepat dan real-time

Bagi Anda yang ingin mencoba search engine untuk Windows ini, silahkan kunjungi dan download gratis dari website resmi voidtools.

Semoga bermanfaat!

Sharing is caring!

author

Menjadi CTO klikhost sejak 2010

Leave a reply "Cara Mudah dan Cepat Mencari File di Windows Menggunakan Everything"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.