Cara Mengatasi Blank Screen Pada WordPress

By Purba KuncaraNo Comments

Saat membuka domain wordpress self hosted Anda, tiba-tiba Anda mendapati halaman putih saja. Tidak ada tulisan error atau apa, hanya warna putih saja. Itulah yang dimaksud dengan BLANK SCREEN.

http://i0.wp.com/i.imgur.com/1vs9no2.png?w=640

Penyebab blank screen umumnya karena plugins yang crash ataupun karena masalah pada themesnya. Untuk itu, mari kita deteksi masalahnya ada dimana terlebih dahulu.

1. Login ke cpanel, lalu klik FILE MANAGER. Setelah itu masuk ke folder /public_html/wp-content. Kemudian ubah permission folder “plugins” menjadi “0000”, lalu klik “SAVE”.

http://i0.wp.com/i.imgur.com/bPuVD8h.png?resize=479%2C199

 

Setelah klik tombol “Save”, silahkan coba akses kembali wordpress Anda yang blank tadi. Jika ternyata sudah tidak blank, ITU ARTINYA MEMANG ADA MASALAH DI SALAH SATU ATAU BEBERAPA PLUGINSNYA. Lanjutkan ke nomer 2 di bawah ini.

Jika ternyata tetap blank, itu artinya ada masalah di themesnya. Silahkan coba hapus themes yang digunakan sekarang, lalu login ke dashboard (wp-admin) dan ganti dengan themes default dari wordpress.

 

2. Ubah kembali permission folder “plugins” menjadi “0755”, lalu masuklah ke folder tersebut. Saat ini jika Anda buka domain Anda, pasti akan blank lagi.

Untuk itu, cobalah mengubah permission folder masing-masing plugins satu persatu. Mulailah dari plugins yang berat hingga yang ringan, atau urutkan saja dari atas. Ketika mengubah permission folder plugins A misalnya, silahkan langsung cek domain Anda apakah tetap blank atau tidak. Jika tetap blank, berarti plugins tersebut bukanlah “tersangkanya”. Ubah kembali permission plugins A ke semula, lalu lanjutkan terus langkah tersebut ke plugins B, C, D dan seterusnya hingga Anda temukan tidak blank lagi. Jika ada plugins E misalnya yang Anda ubah permissionnya jadi “0000” ternyata domain Anda tidak blank lagi, berarti plugins tersebutlah yang menyebabkan crash. Silahkan hapus plugins tersebut atau biarkan saja permissionnya jadi “0000”.

Di sini saya hanya menjelaskan langkah cepatnya saja. Jika Anda ingin tetap menggunakan plugins yang crash tersebut, silahkan coba mendownload versi terbaru ataupun tanyakan ke developer maupun forum.

Semoga bermanfaat!

Telah dibaca :39424
Blog

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KLIKHOST (c) 2010 - 2013
%d bloggers like this:




Best view on mozilla firefox