4 Langkah Sebelum Mempublikasikan Web Anda

By Purba KuncaraNo Comments

Apakah Anda pernah mengunjungi sebuah web yang terlihat seperti setengah jadi ? Dan hal ini biasanya akan timbul persepsi bahwa web tersebut tidak PROFESIONAL yang berakibat BOUNCING.

Sebelum Anda mempromosikan web Anda, pastikan Anda telah melakukan 5 langkah berikut ini :

1. Uji kompatibilitas dan responsive pada berbagai jenis browser

Hal pertama untuk yang harus Anda perhatikan sebelum launching web adalah kompatibilitas dan responsif browser. Hal ini untuk memastikan pengunjung dapat membuka web Anda dari setiap program dan pada setiap perangkat yang mereka gunakan.

Uji kompatibilitas browser, Anda bisa menggunakan fasilitas dari CrossBrowserTesting.com yang akan memeriksa apakah situs Anda kompatibel pada semua browser : Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox dan Safari.
Uji responsif, seperti yang ditawarkan di ResponsiveTest.com, akan menampilkan website Anda pada ukuran layar desktop yang paling populer, tablet dan telepon untuk memastikan tampilan website Anda yang terbaik.

 

2. Konten Web

Konten meliputi : tulisan, video, suara, grafis dll. Cek sekali lagi isi situs Anda. Apakah bisa dibaca, dilihat dan didengar. Situs yang dengan kontek yang tidak berjalan dengan lancar akan mempengaruhi kredibilitas situs Anda dan berdampak negatif terhadap penjualan Anda.

Jadi cek sekali lagi :

Kesalahan ejaan dan tata bahasa
Format dan homogenitas paragraf, daftar, dan judul
Informasi kontak Perusahaan
Ukuran gambar, posisi, dan kegunaan
Informasi produk, harga, deskripsi, gambar, ukuran yang tersedia, dll

 

3. Uji Fungsi

Karena situs Anda adalah situs interaktif, silahkan coba tes link dan tombol dengan berbagai skenario.

Berikut adalah daftar situasi untuk memastikan fungsi dasar bekerja dengan benar:

Klik setiap link, tombol, gambar atau teks untuk memastikan apakah sudah menuju ke halaman yang tepat.
Periksa link eksternal, seperti link media sosial, terbuka pada tab atau jendela terpisah.
– Lakukan tes order dengan menggunakan semua metode pembayaran yang ada.
Perintah uji Place menggunakan semua metode pembayaran yang telah tersedia.
Jika Anda memiliki situs Multii-bahasa, tes dengan bahasa yang berbeda.
Jika Anda menjual secara internasional, ujilah dengan mata uang yang berbeda.

 

4. Uji pengalaman pengguna (User Experience)

Langkah terakhir sebelum launching web Anda adalah uji pengalaman pengguna. Atau dengan kata lain, pastikan bahwa perjalanan dalam situs web Anda mengalir dengan benar.

Ada tiga tingkat di mana Anda dapat menguji pengalaman pengguna. Jalankan tes ini setiap kali Anda membuat perubahan signifikan pada website Anda.

Menguji sendiri. Bayangkan bahwa Anda adalah pelanggan yang pertama mengunjungi toko. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan. Menciptakan situasi untuk menguji pengalaman pengguna seperti menemukan informasi yang relevan, membeli atau mencari produk tertentu.
Mintalah teman-teman Anda untuk mengujinya. Lihatlah bagaimana mereka menavigasi situs Anda dan meminta mereka untuk melakukan tindakan tertentu atau menemukan informasi tertentu. Cobalah untuk menangkap momen di mana mereka terjebak dan mengapa mereka melakukannya. Kadang-kadang, bahkan modifikasi sederhana dalam konten, seperti CALL TO ACTION yang lebih jelas, dapat membantu memecahkan ini saat terjebakdan secara signifikan meningkatkan pengalaman pengguna Anda.
Mintalah layanan profesional untuk mengujinya. Pengujian pengguna melalui website seperti UserTesting.com adalah investasi besar. Konsep tes mereka adalah sama dengan yang di atas, tetapi perbedaannya adalah bahwa website Anda akan diuji oleh banyak peserta yang berbeda. Ini akan membantu Anda memastikan bahwa konsep dan pesan Anda mudah dimengerti oleh seluruh pengunjung situs Anda.

 

Setelah melakukan 4 uji di atas, Anda siap launching situs Anda! Selamat!

Telah dibaca :24463
Blog

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KLIKHOST (c) 2010 - 2013
%d bloggers like this:




Best view on mozilla firefox