Hari demi hari macam-macam penipuan makin banyak saja. Tak terkecuali penipuan melalui internet.

Hati-hati jika Anda menemukan iklan lowongan kerja yang mengatasnamakan perusahaan resmi yang terkenal. Sebut saja misal elnusa. Mereka mencantumkan alamat email, misalnya erecruitment@elnusa.in. Perhatikan alamat email itu. Mana ada perusahaan resmi di indonesia menggunakan email .in ??? Padahal web perusahaan resminya adalah elnusa.co.id. (Ini hanya contoh saja)

hatihatielnusa

Dan mereka sekarang sedang mengincar perusahaan-perusahaan hosting untuk mendaftarkan domain .co.id. Syarat pendaftaran domain .co.id cukup mudah, yaitu scan SIUP atau NPWP badan usaha. Dan itupun masih bisa diakali dengan photoshop dan akhirnya lolos karena kemungkinan bagian verifikasi kurang jeli.

Kenapa kok mereka sekarang ingin mendaftarkan domain .co.id ? Yaitu agar orang jadi lebih gampang percaya. Hati-hati!

Kemungkinan modusnya : ketika ada orang mengirimkan data CVnya ke alamat email tersebut, kemudian dijanjikan akan mendapatkan posisi sebagai manager dengan gaji 10 juta… Tapi syaratnya dikenakan biaya administrasi sebesar 2 juta. Modus ini hanya dugaan saya.

Modus seperti ini dulu pernah marak terjadi di surabaya… Yaitu lowongan kerja lewat koran, lalu korban dipanggil untuk wawancara. Dan ketika sudah diwawancara, korban dijanjikan akan ditempatkan pada bagian manager dengan gaji 5 juta. Tapi syaratnya harus bayar biaya administrasi sebesar 2 juta. Setelah korban membayar, 3 hari kemudian disuruh datang lagi ke kantor tersebut untuk proses selanjutnya, tapi ternyata kantornya sudah tutup. Namanya juga SILAP MATA dengan IMING-IMING GAJI dan SUDAH KENA HIPNOTIS, jadi ga mempedulikan kondisi kantornya seperti apa, padahal tak layak dianggap kantor karena cuma berupa rumah kontrakan yang jelek.

Hal ini juga terjadi melalui broadcast whatapps dan bbm. Ini contohnya :

chevronhatihati

Jika Anda menerima telfon seperti yang mirip dengan contoh video di bawah ini, baik penipuan lowongan kerja ataupun yang lain, hati-hati! Suara pelaku hampir mirip, yaitu dengan pengulangan kata “ya”, “ya” dan “ya”.

Dan modus operandi hipnotis untuk menguras saldo ATM  :
1. Beri harapan besar akan dapat banyak uang atau jabatan yang bagus
2. Pura-pura alim dengan mengucapkan SALAM
3. Meyakinkan dengan telfon ke call center bank
4. Tidak kasih kesempatan korban untuk lihat layar
5. Transfer pertama ke no rekening korban
6. Nominal transfer tidak bulat 

 

Update 28 Juli 2015

Berikut ini keterangan resmi dari PT Indonesia Power yang tercantum di http://erecruitment.indonesiapower.co.id/ :

  • PT INDONESIA POWER selaku Anak Usaha PT PLN (Persero) dibidang Pembangkitan Tenaga Listrik menerapkan Indonesia Power Bersih sebagai Tata Kelola Perusahaan sesuai dengan standar Good Corporate Governance (GCG) dalam setiap kegiatan Rekrutmen dan Seleksi Calon Pegawai.
  • PT INDONESIA POWER menghimbau kepada Calon Tenaga Kerja dan masyarakat umum untuk mewaspadai adanya modus penipuan dalam proses penerimaan calon pekerja yang mengatasnamakan PT INDONESIA POWER.
  • PT INDONESIA POWER tidak pernah memungut biaya apapun dari pelamar (biaya transportasi, akomodasi, biaya tes, atau biaya lainnya) atau menunjuk agen perjalanan manapun dalam proses rekrutmen.
  • Undangan kepada pelamar yang sedang menjalani proses seleksi akan dikirimkan secara resmi melalui:
    • Email rekrutmen@indonesiapower.co.id
    • SMS dengan nama pengirim IndPower
  • Cek dan monitor status lamaran kerja melalui akses akun anda yang terdaftar di situs rekrutmen resmi PT INDONESIA POWER.
  • Saat ini PT INDONESIA POWER belum melakukan pemanggilan peserta seleksi.
  • PT Indonesia Power tidak memungut biaya apapun dalam proses rekrutmen.
    Untuk itu peserta dihimbau tidak mudah tertipu oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang memberi janji terkait proses rekrutmen ini dengan meminta imbalan tertentu.

 

indonesiapower

Anda bisa membaca juga di http://erecruitment.indonesiapower.co.id/upl_scantcpt_ptip/pengumuman_2_2015.pdf

http://www.elnusa.co.id/konfirmasi-pt-elnusa-tbk-terkait-proses-seleksi-trainee-program/

http://www.elnusa.co.id/klarifikasi-penipuan-proses-rekrutmen-seleksi-mengatasnamakan-pt-elnusa-tbk-group/

Mohon sebarkan informasi ini agar tidak banyak orang yang tertipu!

Sharing is caring!

author

Menjadi CTO klikhost sejak 2010

Leave a reply "Hati-Hati Penipuan Lowongan Kerja Terbaru"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*