WINAMP akan ditutup akhir 2013

By Purba Kuncara1 Comment

Kabar mengejutkan datang dari WINAMP. Aplikasi pemutar lagu yang telah menemani kita selama 15 tahun ini dikabarkan akan segera tutup usia pada 20 Desember 2013. Sebentar lagi akan tinggal kenangan.

Ada apa gerangan di balik ini semua?

http://i0.wp.com/i.imgur.com/v9gvNS5.png?w=640

Berikut ini pemberitahuan resminya :

http://i1.wp.com/img191.imageshack.us/img191/8422/tw6t.png?resize=493%2C172

 

Winamp tidak akan bisa lagi didownload setelah tanggal 20 desember 2013. Anda diharapkan segera mengunduh versi terakhir sebelum tanggal tersebut.

Winamp sangat populer pada era tahun 1997 hingga 2000 awal. Ketika itu, layanan internet Winamp paling banyak digunakan untuk musik dan radio. Tapi, ketika iTunes dan Windows Media Player merambah dunia radio streaming, winamp semakin banyak ditinggalkan.

Winamp pertama kali dibuat pada tahun 1997 oleh dua orang mahasiswa University of Utah, AS, yaitu Justin Frankel dan Dmitry Boldyrev. Winamp langsung menjadi populer ketika mengeluarkan layanan file sharing MP3. Dan terus mengembangkan layanan untuk bersaing dengan pemutar musik lainnya. Keberhasilan itu terbukti ketika AOL mengakuisisi Nullsoft (perusahaan pembuat Winamp) pada bulan Juni 1999 sebesar US$80 juta.

Namun sayang, setelah Nullsoft dibeli AOL (perusahaan media AS), kesuksesan tersebut meredup.

Dalam sebuah wawancara dengan Ars Technica tahun lalu, Rob Lord yang merupakan manajer pertama Nullsoft, berkeyakinan Winamp sebenarnya bisa menjadi seperti iTunes sekarang. Namun Rob menuding kesalahan manajemen yang dilakukan AOL membuat Winamp kehilangan pamornya.

Awal kehancuran Winamp mulai terasa pada ulang tahunnya yang ke-10 di tahun 2007. Saat itu, banyak penggunanya yang mulai beralih ke layanan musik digital yang lebih modern.

Menurut catatan, Winamp versi 5.55 yang dirilis pada tahun 2009 lalu adalah yang paling baik. Banyak media yang memberikan rating tinggi untuk Winamp 5.55, karena desain antarmuka yang ramping, sudah menampilkan informasi artis, dan peningkatan audio dan video playback.

Pada tahun 2011, Winamp pun telah merilis paltformnya untuk perangkat Android dam Mac. Tapi sayang, itu sangat terlambat. Para pengguna Winamp sudah lebih dulu pindah ke platform pemutar musik lain.

Sekalipun ditutup, Anda tetap bisa menggunakan winamp dan bisa menginstalnya kapan saja asal Anda punya file installernya.

Lalu bagaimana dengan shoutcast.com ? akankah ditutup juga?

Telah dibaca :21077
Blog

One Comment to “WINAMP akan ditutup akhir 2013”

  1. harus simpan instalernya nh 😀

    [Reply]

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KLIKHOST (c) 2010 - 2013
%d bloggers like this:




Best view on mozilla firefox