Tips Menghosting Subdomain Jika Tidak Punya Akses ke cPanel Domain Utama

By Purba KuncaraNo Comments

Ada kasus dimana user menyewa hosting dengan alamat : dprd.namadomain.go.id. Cara menghostingnya yaitu dengan menggunakan A record. Suatu ketika, user tersebut memindahkan hosting subdomain ke server lain, sehingga jelas akan terjadi perubahan IP Address. Nah, di sinilah kerepotan terjadi karena user tersebut tidak punya akses ke cpanel hosting domain utama (namadomain.go.id) untuk update IP address A record ke server baru. Sehingga harus menghubungi yang pegang cpanel hosting domain utama, dan baru direspon setelah berhari-hari setelah beberapa kali coba dihubungi.

Jika Anda juga dalam situasi seperti ini, ada baiknya jika Anda menggunakan CNAME Record dari sejak awal, bukan menggunakan A record. Seperti ini skemanya :

1. Misal domain Anda : jasabikinweb.us. Dan Anda ingin menghosting subdomain dprd.namadomain.go.id.

2. Create hosting untuk subdomain tersebut.

3. Buatlah A record dengan nama misalnya host.jasabikinweb.us. Isikan IP Addressnya dengan IP server hosting untuk menghosting subdomain tersebut (Poin 2). Misalnya : 189.928.22.22

4. Hubungi pemegang cpanel domain utama untuk melakukan setting CNAME record dengan nama : dprd.namadomain.go.id dan dipointing ke host.jasabikinweb.us.

5.  Tunggu beberapa saat sampai bisa diakses / diping.

Dengan skema di atas, maka jika terjadi perubahan IP server, maka Anda hanya perlu mengedit A record host.jasabikinweb.us ke IP yang baru.

Semoga mudah dimengerti 🙂

Telah dibaca :17288
Blog

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KLIKHOST (c) 2010 - 2013
%d bloggers like this:




Best view on mozilla firefox