Pilih Centos 32 bit atau 64 bit ? Baca ini dulu!

By Purba KuncaraNo Comments

Bagi Anda yang menggunakan VPS, pasti akan dihadapkan dengan pilihan apakah menggunakan OS Linux 32 bit atau 64 bit. Nah berikut ini pedoman Anda untuk memutuskannya.

32 bit hanya mampu menghandel memori RAM maksimal 4 Giga. Jadi jika RAM VPS Anda di atas 4 Giga, maka tidak ada cara lain Anda harus menggunakan 64 bit. Misalnya RAM Anda 6 Giga, jika menggunakan 32 bit, maka akan terbacanya tetap maksimal 4 Giga. Tapi sebenarnya linux 32 bit pun bisa menghandel RAM lebih dari 4 Giga dengan menggunakan kernel PAE (Recompile) yang mampu membaca dan menggunakan memori hingga 64 Giga.

Selain itu, limitasi size file juga berbeda. Hal ini akan berpengaruh jika Anda menggunakan VPS/dedicated sebagai penyimpanan file ukuran besar. 32 bit hanya mampu menghandel file dengan ukuran sampai 2 GB saja. Sedangkan 64 bit mampu lebih dari itu. Jadi kalau Anda menggunakan server tersebut untuk leecher dlsb, maka tentu 64 bit pilihannya.

Untuk mysql, jauh lebih optimal pemakaian RAMnya pada 64 bit dibanding 32 bit. Jadi kalau tujuan server Anda untuk webhosting, 64 bit lah pilihannya.

Ada juga yang menyarankan bahwa RAM 512 – 768 Mega lebih baik menggunakan 32 bit. Sedang di atas 768 Mega lebih baik menggunakan 64 bit.

Masalah yang sering dihadapi oleh 32 bit pada RAM di atas 768 mega adalah adanya highmem : RAM akan dengan cepat mudah penuh. Jadi paragraf sebelumnya mendukung pernyataan ini. Silahkan baca detail mengenai highmem di http://www.linux-mips.org/wiki/Highmem

Jadi kesimpulannya : 64 bit sangat dianjurkan jika RAM di atas 768 Mega, apapun tujuan penggunaan servernya.

Telah dibaca :18821
Blog

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KLIKHOST (c) 2010 - 2013
%d bloggers like this:




Best view on mozilla firefox