Perbedaan Harddisk External Seagate Expansion dan Back Up Plus

By Purba KuncaraNo Comments

 

nexpansion-portable-500GB-570x300

seabkup-carousel_678x452

Anda sedang mencari harddisk external ?

Saya pernah trauma menggunakan harddisk external karena tiba-tiba rusak sehingga datanya tidak bisa dibuka, padahal mereknya cukup terkenal, yaitu W*.

Tapi karena membutuhkan media penyimpanan yang cukup besar dan mengkopi data yang besar dengan waktu yang cepat, saya akhirnya membeli lagi harddisk external merek Seagate Expansion 1Tb. Kenapa saya pilih seagate ? karena selama menggunakan harddisk internal untuk PC, seagate belum pernah mengalami kerusakan.

Ada 2 tipe harddisk external yang dikeluarkan oleh seagate, yaitu expansion dan backup plus. Apa perbedaannya ? Mari kita bahas!

Pada dasarnya keduanya sama-sama harddisk yang bisa menyimpan data, sama-sama ringan dan cukup cepat transfer datanya. Bedanya pada backup plus ada software buat membackup data secara otomatis. Itu saja perbedaan utamanya!

Kemungkinan ini merupakan taktik marketing yang dilakukan oleh semua perusahaan untuk membuat orang membeli produk premium dengan fitur yang sedikit berbeda.

Bagaimanapun juga, ada beberapa perbedaan kecil di antara keduanya yang bisa Anda gunakan untuk mengambil keputusan mana yang akan Anda beli.

 

  1. Bentuk : Expansion lebih tebal, sedang backup plus lebih ramping dan ringan. Keduanya ada ukuran 3.5 dan 2.5 inch.
  2. Berat :  Berat Backup Plus adalah 224g, sedang Seagate Expansion adalah 270g. Backup Plus lebih ramping dan ringan dibanding expansion.
  3. Software : Backup plus memiliki software backup di dalamnya yang berfungsi untuk melakukan backup secara otomatis, backup terjadwal dll. Software ini bisa membackup data online maupun offline ke harddisk Anda. Apakah software ini lebih baik dari software sejenis lainnya, saya sendiri belum bisa mengatakannya.
  4. Garansi : Backup Plus memiliki 3 tahun garansi, sementara expansion hanya memiliki 2 tahun garansinya. Ini mungkin bervariasi pada tempat di mana Anda membelinya. Biasanya garansi toko hanya 3 hari saja.
  5. Harga : Backup plus umumnya lebih mahal dibanding expansion pada kapasitas yang sama. Tentunya ini juga berbeda-beda pada setiap toko.
  6. Marketing : Backup plus dicitrakan sebagai tempat yang aman untuk menyimpan file-file penting. Sedang expansion dicitrakan sebagai media penyimpanan tambahan untuk data yang sering digunakan pada leptop Anda. Sekalipun aman, khusus untuk data-data penting Anda harus tetap menggunakan beberapa backup untuk mengantisipasi terjadinya harddisk failure.
Keduanya support USB 3.0 dan tidak memerlukan power supply tambahan. Kecepatan transfer data 640 Mbps.  Anda bisa menggunakan expansion untuk menyimpan game karena kecepatan putarnya 5400 RPM. Juga ada 16 MB buffer untuk membantu mempercepat pencarian file di expansion.
Kesimpulan : jika Anda membutuhkan harddisk external sebagai backup data, belilah backup Plus. Tetapi jika Anda perlu harddisk external untuk memperbesar kapasitas leptop dimana Anda sering menggunakan data-data tersebut, belilah expansion.
Telah dibaca :22246
Blog

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KLIKHOST (c) 2010 - 2013
%d bloggers like this:




Best view on mozilla firefox