Mungkin Anda sedang mengalami tiba-tiba web Anda lambat atau susah sekali diakses. Loading terus dan akhirnya gagal. Sewaktu login ke cPanel, lancar. Dan CPU Usagenya pun sangat rendah.

Safari-can’t-open-page-because-the-server-unexpectedly-dropped-the-connection.-This-sometimes-occurs-when-the-server-is-busy

Dimana masalahnya ? Apakah hostingnya yang bermasalah ?

Biasanya hal ini ada 4 penyebab :

1. Server hostingnya overload

2. Akun hosting Anda overload

3. Script web Anda bermasalah

4. Koneksi internet Anda bermasalah

 

Untuk nomer 1, Anda bisa tanyakan langsung ke provider hosting Anda apakah servernya bermasalah. Anda juga bisa mengecek sendiri dengan mengakses web lain yang ada dalam satu server tersebut. Jika web lain ternyata lancar, berarti nomer 2 dan 3 kemungkinannya.

Untuk nomer 2, silahkan cek di cPanel hosting Anda. Apabila akses cpanelnya cepat, berarti masalah ada di web Anda. Tapi apabila akses cpanelnya juga lambat, berarti kemungkinan ada masalah di nomer 1 dan 4. Jika lancar, silahkan lihat CPU Usagenya… Jika rendah, berarti memang nomer 3 yang menjadi masalah.

Untuk nomer 3, silahkan update script web Anda. Jika menggunakan wordpress, maka tinggal upgrade dari softaculous ataupun upgrade manual. Umumnya masalah slow access pada wordpress teratasi dengan cara ini.

Untuk nomer 4, Anda bisa lakukan ping ke domain Anda. Jika RTO, kemungkinan IP koneksi Anda diblok oleh firewall ataupun DNS koneksi Anda yang bermasalah. Silahkan gunakan DNS google.

 

Selamat mencoba!

Telah dibaca :51798
author

Menjadi CTO klikhost sejak 2010

Leave a Reply